Sabtu, 31 Maret 2012

Ikhlas


     Ikhlas ialah memurnikan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dari bnerbagai tendensi pribadi. Dan Ada yang berpendapat bahwa ikhlas adalah melakukan setiap tujuan hanya semata karena Allah Swt.Ikhlas sendiri adalah syarat agar di terima amal salehnya, Karena orang yang melakukan sesuatu amal tanpa semata-mata kepada Allah Swt.Maka amal tersebut tidak akan mendapatkan barokah dari Allah Swt.

         Dan Allah Swt berfirman dalam Qs. Albayinah ayat 5 yang berbunyi :
        Hati seorang mukmin tidak akan menjadi pengkhianat  apabila ikhlas beramal karena Allah Swt. Dengan ikhlas kita juga menyucikan hati kita dari sifat keji , khianat , dengki dan juga dzalim. Karena perkara ini membuat hati tersebut menjadi hati yang tentram dan lebih sejuk . Seorang tidak akan terlepas dari cengkraman dari setan laknatullah , kecuali dengan berlaku ikhlas dalam segala hal semata-mata karena Allah Swt. Hal ini di cantumkan dalam Qs. Shad : 82-83

          Pada umumnya manusia selalu terpaku dengan perkara-perkara yang bersifat kebendaan ( materi ) di dunia fana ini. Sebagaimana ada oran shaleh yang berkata , " Barangsiapa melakukan satu menit umurnya untuk berbuat ikhlas hanya kepada Allah, maka selamatlah dia."Kita melakukan perbuatan ikhlas itu sangat berat dan sulit sekali, Sebab Ikhlas adalah menyucikan hati dari segala kekotoran dan tidak ada boleh ada yang tertinggal sedikit pun, sehingga yang ada dalam hati hanya ada tujuan taqqarub kepada Allah Swt.
           Orang yang jiwanya terkalahkan oleh perkara duniawi, mencari kedudukan dan popularitas, maka yang demikian itu karena nafsunya terkalahkan oleh tujuan selain kepada Allah Swt. Orang yang dapat merahasiakan kebaikannya, sebagaimana dia merahasiakan keburukannya adalah ciri dari Orang ikhlas . Dan Apakah yang paling berat nafsu manusia? jawabannya adalah Ikhlas , sebab memang nafsu tidak pernah memiliki bagian dari ikhlas.
              Oleh sebab itu kita harus membiasakan diri kita dari sifat ikhlas, Karena sifat ini akan menolong kita dari segala kemaksiatan, kemungkaran dan kemunafik kan serta kita akan lebih dekat Allah Swt . Semoga kita tergolong sebagai orang-orang yang ikhlas. Amin ya robbal alamin

0 komentar:

Posting Komentar

Share

TwitterDeliciousFacebookDiggStumbleuponFavorites